Belajar

Belajar Internet Marketing Indonesia

Dulu, saya kira internet marketing itu hanya makanan orang-orang Indonesia atau bule canggih yang telah malang melintang di internet. Memang demikianlah, selalu ada proses bagi setiap orang untuk kemudian berangsur dapat mengatakan “Oh ya ya, ternyata sederhana sekali!”. Ya benar, mungkin kalau digali lebih dalam lagi maka memang internet marketing akan menjadi kompleks. Sekarang kita akan memberinya arti yang sangat mudah, internet marketing adalah kegiatan memasarkan sesuatu lewat internet. Lebih sederhana lagi kita sebut menjual sesuatu lewat internet.

Memasarkan sesuatu lewat internet itu tak jauh berbeda dengan memasarkan sesuatu tanpa internet. Karena internet itu hanyalah media untuk mengkomunikasikan apa yang ingin kita jual. Kalau kita bisa berkomunikasi untuk memasarkan barang atau jasa via telepon, sms, brosur, berbicara langsung, atau lewat iklan di koran, tv dan sebagainya, maka: kita bisa pulsa mengkomunikasikannya lewat internet. Internet marketing atau non internet marketing keduanya memerlukan usaha, ketrampilan, kemauan belajar, kesabaran, kerajinan, keuletan, kegigihan, konsistensi, wah banyak sekali, hehe.. Tetap juga akan sering ditemui penolakan, penipuan, kegagalan, dan sebagainya di dunia internet marketing. Pelaku internet marketing Indonesia seharusnyalah adalah juga orang-orang yang unggul.

Bedanya, mungkin internet marketing “lebih murah” ongkos memulainya.

Contohnya:

Anda akan menjual lobster lewat internet. Asumsikan anda sudah punya peternakan lobsternya, atau kakak anda yang punya kolam lobster. Benar ya, namanya kolam lobster bukan ? Masa ladang lobster ? haha.. Yang perlu dilakukan adalah: memotret lobster atau cari gambarnya di google, lebih keren lagi dalam bentuk video. Kemudian masukkan ke website, ceritakan cara pemeliharaannya, berapa umur lobster baru mulai bisa panen, dan sebagainya, dengan cara yang menarik. Tentu saja cerita ini anda letakkan di website berbahasa Indonesia, toh namanya internet marketing Indonesia ya menggunakan media internet untuk bercerita dalam bahasa Indonesia juga. Ceritakan juga berapa harga jual lobster anda per kilogramnya. Ceritakan pula dimana saja lobster ini dikonsumsi, misalnya di Chinese Restoran di Manado satu porsi lobster (anggap 1 kilo saja lah, haha..) rata-rata dijual Rp 60.000, boleh sebutkan referensi beberapa nama restoran yang anda ketahui di Indonesia ini.

Ceritakan juga sekitar berapa rupiah restoran tersebut akan membeli di pasar lokal (misal Rp 50.000, mereka boleh cek referensi). Ceritakan di website anda berapa anda menjual 1 kg lobster dan berapa ongkos kirimnya. Misal anda jual Rp 30.000, ongkos kirim Rp 10.000 dan calon pembeli (agen lobster) Anda dapat menjual lobster ke restoran tadi Rp 50.000, maka calon pembeli anda tadi akan untung Rp 10.000 per kilogramnya. Kalau dia beli 20 kg tentu perkiraan keuntungan akan menjadi 20 kali lipatnya (Rp 200.000).

Cerita itu anda letakkan di website Anda yang memuat juga nomor telepon dan alamat Anda, lengkap dengan cara membayar dan rekening bank anda. Mungkin anda sedang tidur siang, ada telepon dari Manado. Anda terbangun, calon pelanggan cocok dan telah transfer uang untuk 20kg. Lobster anda bungkus dan kirimkan ke pembeli. Kegiatan ini adalah bagian dari internet marketing.

Sudah dech, jadi bisnis lobster via internet. Internet Marketing mudah ya? :)

Biasanya, orang tak semudah itu transfer uang ke Anda, apalagi dengan nilai besar. Mungkin calon pembeli akan cari info lebih dalam, cari informasi tentang anda, atau mungkin dari teman-temannya yang pernah beli. Jadi, tetap diperlukan kepercayaan orang pada Anda.

Anda atau kakak anda tadi sudah harus tau cara membungkus lobster agar selamat sampai tujuan. Anda mungkin rugi jika laut Indonesia sedang pasang ombak gede bergulung-gulung dan kapal tak bisa mengirim dalam waktu yang anda harapkan. Tak cukup hanya menceritakannya saja. Internet marketing melibatkan kegiatan-kegiatan di luar internet juga.

Yang ingin saya gambarkan adalah bahwa meng-internet-kannya mudah saja, yang sulit adalah proses di baliknya, seperti di atas. Tak semua orang dengan mudah akan berhasil tanpa dukungan infrastruktur bisnis yang baik. Untunglah pemerintah kita sekarang nampaknya telah mulai memikirkan infrastruktur untuk internet marketing Indonesia ke depan.

Internet dapat menyampaikan pesan bisnisnya, dapat dijadikan alat untuk mengkomunikasikannya. Dapat dijadikan media untuk membantu terciptanya penjualan. Internet marketing juga namanya. Jadi, apapun bisnisnya, apapun produknya selama dapat dikomunikasikan maka dapat dibisniskan lewat internet, setidaknya sebagian dari prosesnya.

Bisnis yang paling lebih mudah dipasarkan lewat internet khususnya saat ini (dan juga yang saya ketahui sejauh ini) tentulah produk atau jasa yang untuk mengirimkannya ke pembeli bahkan dapat lewat internet itu sendiri, contohnya: kursus bahasa inggris online, buku digital (ebooks), produk dalam bentuk file gambar, video, suara yang bisa dikirimkan via email atau di-download langsung oleh pembeli. Karena itulah bisnis seperti ini sangat ramai di Indonesia. Produk-produk seperti ini memang sedang mendominasi angkasa Internet Marketing Indonesia.

Jika Anda belum punya produk sendiri untuk dipasarkan lewat internet, maka anda dapat membantu orang lain menjualkan produk mereka dan anda menerima komisi. Ini disebut program Afiliasi. Nanti proses pengiriman barang atau jasa akan dilakukan oleh yang punya produk/jasa.  Ini juga sebangsa internet marketing yang sedang marak di Indonesia ini.

Jalur untuk pemasar yang tidak punya produk yang sangat empuk dan bernergi adalah MLM, yang dikomunikasikan lewat internet dengan skala yang sangat luas. Banyak MLM dengan produk fisik yang perlu dikirimkan ke pembeli, namun pembeli (downline istilahnya) dapat melakukannya di tempat masing-masing yang terdekat dengan mereka jika sudah ada, atau perusahaan yang mengirimkannya. Sponsornya akan lebih banyak pada porsi menceritakan MLM tersebut di internet, dan atau memberikan edukasi pada teamnya untuk melakukan hal yang sama (duplikasi). Ada ribuan MLM. Karena itulah informasi tentang bisnis berjenis ini bertebaran di angkasa internet ini. MLM tumbuh subur dan banyak dijalankan pelaku internet marketing Indonesia saat ini dan so pasti juga kedepan.

Sekolah internet marketing Indonesia Asian Brain dapat membantu anda untuk menjadi internet marketer yang bisa menjual apa saja yang anda suka di internet ini, membantu Anda untuk menjadi internet marketer yang handal, secara bertahap, secara lengkap, mudah dimengerti, dengan mengedepankan belajar yang dipraktekkan untuk menghasilkan dari berbagai sumber dalam jangka panjang dan berulang-ulang.

Bahkan Sekolah Internet Marketing Asian Brain mempunyai program afiliasi juga, dimana anda yang belum punya produk dapat menjual produk AsianBrain. Itulah mengapa sambil sekolah anda dapat memasarkan Asian Brain via internet. Jika anda mulai pandai menjual maka komisi yang anda terima dapat jauh lebih besar dari apa yang perlu anda bayarkan untuk belajar di Asian Brain. Di AsianBrain, anda bisa belajar dan dibayar. Anda punya gambaran bukan ?

Jutaan orang Indonesia akan belajar via internet ke depan, termasuk diantaranya belajar berbisnis, belajar mencari uang. Asian Brain memberikan solusi bagi anda yang ingin menguasai bidang internet marketing ini.

Di AsianBrain, anda bukan hanya belajar internet marketing, bahkan percuma saja kalau hanya belajar. Yang dikedepankan adalah praktek, dan prakteknya bisa diterapkan dalam berbagai jenis bisnis di Indonesia ini ata di luar negeri dengan ilmu yang Anda dapatkan. Asian Brain adalah tempat yang sangat layak anda pertimbangkan sebagai tempat belajar internet marketing. Anda lah yang menentukan sukses atau tidaknya, Asian Brain memberikan panduan dan arahan pada orang-orang yang awam sekalipun, yang gaptek sekalipun untuk pandai dan produktif di internet. Banyak juga diantara siswanya yang telah mempunyai penghasian yang WOWWW.. di sana.

Mungkin hari ini masih tersedia Modul Internet Marketing Basic Gratis, anda dapat mengeceknya sekarang di sini:

belajar-bisnis.com/asianbrain

Demikianlah pemahaman ringan saya tentang internet marketing saat ini, dan saya tau semakin hari saya akan semakin menguasai bidang ini. Anda pun pasti ingin bukan ?

Sekarang juga, Lets go to Sekolah Internet Marketing Asian Brain , klik.

Terimakasih.

Best regards
Mufli

AbeBagus Network

Artikel Lainnya:

About
Internet Marketing mu dot com, adalah situs milik Mufli, sengaja saya buat judul blog "Internet Marketing Indonesia" dan membicarakan seputar internet marketing Indonesia khususnya dan juga internet...

  1. One Response to “Belajar”

  2. By rifki on Jan 30, 2012 | Reply

    gan kasih materi belajarnya juga donk.. ane masih skul mana ada duit segitu buat ikut belajar.

Gasa

Peluang Bisnis